Upgrade Komputer

Hej!

Melihat performa komputer di tahun pertama kuliah, dia kayak ngeden-ngeden kalo diajak buat kerja cepet. Apalagi kemarin sempet kehabisan RAM pas proses synthesis verilog di kuliah Accelerating Systems with Programmable Logic Component. Akhirnya saya putuskan untuk meng-upgrade komputer saya. Komputer yang saya pakai adalah Asus K401L, spesifikasinya bisa dilihat di sini.

Berbekal panduan dari mas Diki, saya pun ikut mengganti Harddisk saya dengan SSD Toshiba Evo-850 250GB dan menambah RAM (Corsair) sehingga jadi 8 GB. Agak susah lho menentukan saya mau pakai SSD 120GB atau 250GB. Namun setelah berdiskusi dengan Michael, temen serumah yang kuliah jurusan Computer Science, akhirnya saya memutuskan untuk memakai SSD 250GB dengan pertimbangan bahwa saya hanya pakai Ubuntu Gnome dan jika butuh Windows, saya akan menjalankan Windows via virtual machine. Oiya saya memutuskan untuk menggunakan Ubuntu Gnome sebagai OS utama saya karena Ubuntu Gnome bisa mengakomodasi kebutuhkan saya seperti C-compiler. 

Sekarang komputer saya hanya butuh sekitar 13 detik untuk booting dan bisa diajak kerja cepet. Bahkan saya berani menjalankan MATLAB, Dota 2, Chrome dengan berpuluh tab, dan Spotify dalam satu waktu hahaha. Padahal dulu buat booting aja mungkin bisa sampai 1 menit lebih, bahkan hanya untuk membuka Spotify aja loading-nya lama banget. Walaupun komputer saya sekarang masih agak kalah cepet sama Macbook-nya Sanka, tapi saya lebih suka komputer saya daripada Macbook Sanka :))))

Emmm, komputer aja butuh di-upgrade biar bisa menghandel tugas-tugas yang lebih berat. Terus saya jadi inget ada salah satu kebiasaan di buku 7 Habits of The Highly Effective Teens yang ditulis Steve Covey yang saya baca pas di tahun kedua saya S1. Dia menyampaikan bahwa sebagai sebagai individu, kita juga harus senantiasa meng-upgrade diri. Tujuannya sama, biar kita bisa menghandel tugas-tugas yang lebih berat, atau bahasa kerennya biar bisa dikasih amanah yang lebih “tinggi” dari Tuhan. Steve Covey memberi nama kebiasaan itu dengan nama “asah gergaji.” Hahaha malah jadi sok-sokan jadi motivator.

Dah ah, gitu aja ya. Saya berharap di tahun kedua ini kuliah saya bisa lancar semua dan lulus semua ujian (nggak re-exam), aamiin 🙂

Cheers,
Rahmanu

By the way, ini lho screenshoot komputer saya sekarang:

Start Menu Dipencet
My Desktop
2 thoughts on “Upgrade Komputer

Leave a Reply

