Bersih-bersih Folder

Hej!

Kemarin komputer saya habis boot-loop. Kejadiannya tepat 3 jam sebelum rapat online via Skype. Gatau kenapa kemarin komputer saya jadi boot-loop setelah saya upgrade gnome-shell dari gnome-shell 3.16 jadi gnome-sheel 3.20. Awalnya keliatan normal-normal saja pas proses upgrade. Nggak ada warning-warning ga jelas. Sebenernya pas saya baca di forum ubuntu-gnome udah diperingatin sih sama orang kalo mau upgrade gnome-shell di ubuntu-gnome 16.04.3 harap hati-hati, wkwkwk. Tapi karena penasaran dan pengen segala sesuatunya up to date jadilah saya sedikit mengabaikan peringatan itu :p.

Singkat cerita akhirnya saya (terpaksa) menginstall komputer dengan ubuntu-unity 16.04, alasannya mencegah ke-tidak-kompabilitas-an yang mungkin terjadi. Padahal saya lebih suka pakai ubuntu-gnome soalnya terasa lebih cepat dan ringan, tapi yaudah gapapa, daripada-daripada kan ya. Dan dalam 2 jam, seluruh program yang saya butuhkan sudah terinstall semua. Terima kasih internet cepat Swedia (>90 Mbps) *pamer dikit*, semua dapat dijalani dengan lebih mudah :)))) 

Anyway, untuk mengobati karena kehilangan ubuntu-gnome yang kusayang :(, saya buat bash-script buat menghapus banyak file di folder Downloads yang berumur lebih dari 30 hari dalam sekejap. Dengan menggunakan bash-script yang saya namai “find_and_delete.sh“, semua file berekstensi *.gz, *.deb, *.xz, *.bz2, dan *.zip akan seketika terhapus dari folder yang dipilih. Saya merasa perlu menghapus file-file itu karena SSD saya terbatas 250 GB, padahal masih muat banyak sih wkwkwk, tapi kan gapapa kalau dibiasakan bersih-bersih sebulan sekali. Alasan lainnya adalah biar kayak macbook-nya Sanka. Kata Sanka, macbook bisa tau mana file yang udah nggak dipakai lagi dan otomatis menghapusnya. Mac mahal sih, tapi saya punya cara agar komputer saya kayak mac hahaha. Dan bahkan saya berani bilang komputer saya lebih powerful daripada mac-nya Sanka :)))

Rencana awalnya adalah membuat otomatisasi penghapus file-file di folder Downloads yang umurnya lebih dari 30 hari. Namun karena saya belum berhasil pakai crontab di ubuntu saya, yaudah akhirnya saya bakal menjalankan bash-script secara manual. Silakan kalau mau pakai bash-script-nya, saya juga dapat dari internet kok, tentunya saya modif dikit-dikit biar sesuai dengan komputer saya, hehehe.

###########################################################

#!/bin/bash

# This command will delete all specific files  in /Downloads which are older than 30 days
#
# -mtime = days
# +30 = more than 30 (days)
# -exec = execute
# -name = only specific type of file will be deleted
# rm = remove
# -r = recursive; remove directories and their contents recursively
# -v = verbose; explain what is being done
# -f = force; ignore nonexistent files, never prompt

find /home/rahmanuh/Downloads/* -mtime +30 -name ‘*.gz’ -exec rm -rvf {} \;
find /home/rahmanuh/Downloads/* -mtime +30 -name ‘*.deb’ -exec rm -rvf {} \;
find /home/rahmanuh/Downloads/* -mtime +30 -name ‘*.xz’ -exec rm -rvf {} \;
find /home/rahmanuh/Downloads/* -mtime +30 -name ‘*.bz2’ -exec rm -rvf {} \;
find /home/rahmanuh/Downloads/* -mtime +30 -name ‘*.zip’ -exec rm -rvf {} \;

###########################################################

Baiklah, udahan dulu ya. Semoga membantu. Nanti kalau saya udah bisa pakai crontab-nya, tulisan ini bakal saya update. Kalau mau pakai script di atas, tinggal di copy-paste di text editor lalu simpan dengan nama.sh. Namun jangan lupa ganti path directory-nya ya! :p

Cheers,

Rahmanu

 

 

 

Leave a Reply

