Simpel Countdown Buat Masak

Hej hej!

Sudah sekitar seminggu saya mencari cara yang simpel untuk men-timer masak kentang, tapi harus dengan cara yang keren hahahah. Sebenernya saya bisa saja pakai timer di handphone atau ketik di Google: “timer for 15 minutes”, dan itu malah lebih simpel buat semua orang.  Namun, kembali lagi, saya ingin pakai cara yang keren, akhirnya saya browsing di Internet dan menemukan bahwa saya bisa pakai command line di komputer saya. Oiya, saya pilih pakai komputer juga karena saya banyak menghabiskan waktu di depan komputer. Biasanya sambil nunggu kentangnya matang, saya beraktivitas di depan komputer, jadi biar nggak kelewat gosong, saya bikin timer pun di komputer hehehe.

Caranya cukup mudah. Kita hanya perlu menggunakan perintah sleep [how long] && play [wav file] di command line.  Perintah tersebut akan memainkan file .wav yang dipilih setelah beberapa saat kapanpun kita mau. Sebagai contoh saya ingin timer 2 detik, saya cukup menulis sleep 2 && play Music/alarm.wav lalu tekan Enter atau tinggal eksekusi countdown.sh dari repo saya. Setelah 2 detik, file alarm.wav akan dimainkan kayak gambar di bawah. Gampang kan? hehehe 

File countdown.sh dieksekusi

Nah, biar lebih gampang lagi, saya bikin bash script kecil yang bisa saya eksekusi jika kita ingin nyalain timer. Jadi kalo saya masak kentang, atau rebus pasta, atau apapun, makanan saya ga bakal gosong atau kematengan hahahaha. Silakan men-download repo saya, soalnya pasti nanti saya bikin bash script yang lain yang bisa memudahkan hidup saya :)))

Script-nya kayak di bawah ya.

#!/bin/bash
# This script will make a countdown and return a alarm sound.

echo “Type time (in second) you want to countdown, followed by [ENTER]:”

read count

sleep $count && play ../../Music/alarm.wav

Cheers,
Rahmanu

NB:

  1. Pastikan soX udah ter-install di komputer agar command “play” dapat dieksekusi.
Leave a Reply

